Dari Lampung Ke Situbondo

Keinginan mengembangkan lembaga Ma’had Aly mendorong civitas akademika Ma’had Aly Madarijul Ulum Bandar Lampung untuk terus belajar dan melakukan perbaikan. Salah satunya belajar dari pengalaman Ma’had Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo yang notabene sebagai Ma’had Aly pertama di Indonesia. Kunjungan Ma’had Aly Madarijul Ulum ini merupakan kunjungan kedua ke Situbondo. Jika pertemuan sebelumnya, kunjungan hanya melibatkan pimpinan dan segenap pengurus Ma’had Aly Madarijul Ulum, kini rombongan sekitar 58 orang, yang terdiri dari santri dan pengurus, turut berpartisipasi dalam agenda kunjungan ini.

Kunjungan kali ini, pada Rabu malam (26/12), terbagi menjadi dua majlis. Yaitu majlis pengurus dan majlis santri. Pertemuan majlis pengurus yang bertempat di kantor Ma’had Aly membahas manajemen pengelolaan Ma’had Aly Formal. Sementara di perpustakaan Ma’had Aly, para santri dari Bandar Lampung saling sharing ilmu bersama santri Ma’had Aly Situbondo tentang kegiatan atau rutinitas santri dan pengembangan budaya literasi yang dikomandoi oleh pengurus Buletin Tanwirul Afkar dan GAMIS.

Rombongan yang dipandu oleh Ust. Hidayatullah ini merupakan lembaga pendidikan ke-7 yang datang study banding ke Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo selama tahun 2018. Rombongan ini tidak hanya mengunjungi Ma’had Aly yang berlokasi di Situbondo saja, akan tetapi agenda rihlah ilmiyahnya juga mengunjungi beberapa Ma’had Aly di pulau Jawa yang menjadi destinasi untuk peningkatan mutu Ma’had Aly. Mulai dari Jawa Barat (Cirebon dan Tasikmalaya), Jawa Tengah (Sarang), hingga ke Jawa Timur (Situbondo dan Jombang).

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *