Dosen Ma’had Aly MUDI Raih Gelar Magister di Ma’had Aly Situbondo

Guru senior sekaligus Dosen Ma’had Aly MUDI Masjid Raya Samalanga, Tgk. Mazani (asal Lamno, Aceh Jaya) baru saja menyeselasaikan studi Marhalah Tsaniyah (M2) di Ma’had Aly Situbondo, Jawa Timur. Lulusan Ma’had Aly Situbondo Marhalah Tsaniyah ini setara dengan tingkat Strata 2 (S2) di perguruan tinggi pada umumnya.

Sebelumnya pada tahun 2017 Tgk. Mazani diutus bersama 3 guru lainnya untuk menempuh pendidikan Pascasarjana di Situbondo. Tgk. Mazani mengambil jalur pendidikan Ma’had Aly Program Fikih-Ushul Fikih sementara yang lainnya melanjutkan pendidikan di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Ibrahimiy (Sekarang Universitas Ibrahimy) yang juga dikelola oleh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo.

Mudir Ma’had Aly MUDI, Abi Zahrul Mubarrak menyampaikan bahwa diutusnya Tgk. Mazani bukan sebatas tujuan studi semata, tetapi di samping itu agar melihat serta mempelajari dinamika pendidikan di Ma’had Aly Situbondo dalam hal kurikulum, struktural dan administratif agar bisa diterapkan di Ma’had Aly MUDI nantinya. Karena secara nasional, Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah adalah Ma’had Aly pertama yang tentu saja saat ini sudah melahirkan banyak alumni. Sehingga dalam pelaksanaannya sudah sangat baik dan unggul.

“Harapan kita dengan pulangnya Tgk Mazani beliau akan memformulasikan ilmu dan metodologi pendidikan antara Ma’had Aly Situbondo dengan Ma’had Aly MUDI. Karena kita tidak menutup diri dengan pengembangan baru sebagaimana bassic yang dipegang oleh Abu MUDI selaku pimpinan yaitu al-Maḥāfazah ‘alā qadīm al-ṣālih wal akhz bil jadīd al-Aṣlah (melestarikan nilai-nilai lama yang baik dan menerapkan nilai-nilai baru yang lebih baik)” tutup Aby. (ABR)

Sumber : mudimesra.com

Facebook Comments

syarifuddin

Santri aktif Ma'had Aly Situbondo asal Pulau Raas. Saat ini, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengaji dan mengkaji kitab-kitab Fikih dan Ushul Fikih. Selain itu, ia juga aktif mengabdi sebagai Redaktur Kepenulisan di Majalah Tanwirul Afkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *