Gairah Santri Menulis di Ma’had Aly Situbondo

Oleh: Kiai Ma’ruf Khozin

(Aswaja Centre PWNU Jawa Timur)

Sesampainya di PP Salafiyah Syafi’iyah Situbondo saya langsung ke Asta (makam) Kyai As’ad Syamsul Arifin, kemudian diajak oleh Pengurus Pondok menuju tempat istirahat di area Ma’had Aly. Di ruangan itu telah tersedia sebuah majalah Wasathiyah.

Saya menganggapnya sudah “ulima ridhahu”, jadi langsung saya baca, memang topik lumayan berat karena seputar ilmu maqashid syari’ah dengan standar penulisan akademis. Kebanyakan penulisnya adalah alumni Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah yang didirikan oleh KH As’ad Syamsul Arifin dan diteruskan oleh Wakil Pengasuh KH Afifuddin Muhajir.

Bagi saya tidak terlalu mengherankan karena beberapa penulis tersebut sudah menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi. Namun saya baru terkejut ketika semalam mau pamit pulang diberi buletin Ma’had Aly yang masih berstatus Mahasantri. Amazing ini bagi saya.

Ketika kemudian di pesantren ini di bawah naungan IKSASS membuat wadah baru bernama Aswaja Center Salafiyah Syafi’iyah, saya optimis dapat berjalan menyusul beberapa pesantren lain, sebab disana sudah ada tradisi menulis baik buletin maupun majalah dinding. Seperti biasa kami dari Aswaja NU Center PWNU Jatim bagian menyuplai data dan buku.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *