Hasil Keputusan Bahtsul Masa’il Sukorejo 2020

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap kali menjelang acara Haul Majemuk, PP. Salafiyah Safi’iyah Sukorejo pasti menggelar acara Bahtsul Masa’ail, membahas isu-isu terkini yang sedang berkembang di masyarakat untuk diberikan jawaban hukumnya.

Bagi kalian yang masih  belum akrab dengan istilah Bahtsul Masa’ail, baiklah saya jelaskan secara singkat di sini apa itu Bahstul Masa’il.

Bahtsul Masa’il adalah forum diskusi khas pesantren, yang pada umumnya membahas seputar persoalan keagamaan yang terjadi di tengah masyarakat. Normalnya, kegiatan Bahtsul Masa’il diselenggarakan di suatu tempat dan melibatkan banyak orang.

Namun untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang begitu massif maka kegiatan Bahtsul Masa’il tahun ini tidak melibatkan banyak orang. Orang-orang yang terlibat secara langsung dalam forum ini hanya para kiai, ustaz, dan santri yang bermukim di PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo.

Sementara itu, para kiai, alumni, dan simpatisan yang bermukim dia luar peantren hanya bisa mengikuti acara tersebut via online, melalui ruang zoom yang telah disediakan oleh panitia.

Meski acara Bahtsul Masa’il kali ini diselenggerakan dengan teknis yang sedikit berbeda dengan acara Bahtsul Masa’il tahun sebelumnya, namun acara Bahtsul Masa’il tersebut terbilang cukup sukses. Hal ini bisa kita lihat dari antusias para peserta, baik peserta yang mengikutinya secara offline maupun online. Kemudian indikator yang kedua adalah tidak ada satupun ash’ilah (tema masalah) yang diputuskan maukuf (ditangguhkan), alias tidak terjawab. Semua empat buah ash’ilah yang menjadi tema pembahasan dalam acara Bahtsul Masa’il kali ini berhasil diberi jawaban hukum secara mayakinkan.

Adapun empat ash’ilah yang menjadi tema pembahasan dalam acara Bahtsul Masa’il kali ini adalah.

  1. Azan Jihad Menuai Kontroversi.
  2. Uap Arak Bali Untuk Terapi Pasien Covid-19.
  3. Kriteria Aurat Laki-Laki di Hadapan Laki-Laki Lain.
  4. Uang Temuan di Asrama.

Acara Bahtsul Masa’il tersebut dimoderatori oleh Ustaz Riskil Azizi dan Ustaz Abdul Wahid. Hadir juga dalam acara tersebut ustaz Maulidi al-Hasani, Ustaz Khairuddin Habzis, dan Ustaz Imam Nakho’I. Beliau bertiga bertindak sebagai perumus.

Sementara itu, di bangku Musahih ada KH. Afifuddin Muhajir. Beliau berperan memperbaiki, yakni menambah, mengurangi, dan atau menguraikan kembali rumusan yang telah diramu oleh tim perumus.

Untuk hasil putusan Bahtsul Masa’il tersebut secara lengkap silahkan unduh file Pdf-nya melalui link di bawah ini.

Link Download Hasil BM 2020 Pdf.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *