Hukum Membongkar TPU (Tempat Pemakaman Umum) Dalam Rangka Pembuatan Jalan.

HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL SUGHRO (AGUSTUS 2020)
MA’HAD ALY MARHALAH ULA
PON. PES. SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOREJO-SITUBONDO

PEMERINTAH DAN MASYARAKAT BEREBUT TPU
Deskripsi Masalah.

Dalam sebuah negara pasti terdapat seorang pemimpin yang memegang kekuasaan tertinggi, di mana semua rakyatnya diwajibkan untuk mengikuti setiap peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan.

Yang dimaksud pemimpin di sini tidak hanya terbatas pada ketua, tetapi juga termasuk semua aparatur yang berada di bawahnya yang memiliki visi dan misi yang sama untuk mensejahterahkan rakyat. Misalnya pimpinan kabupaten/kota, perangkat-perangkat desa dan semacamnya. Masalah kemudian muncul ketika pimpinan desa tak sependapat dengan pemuka agama yang menjadi panutan masyarakat mengenai suatu hal.

Sebut saja desa Kacaubalau (nama samaran). Di desa ini sering terjadi hal tersebut, semisal pada suatu ketika terjadi perselisihan tentang pembuatan jalan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten yang mengharuskan untuk membongkar tempat penguburan umum (TPU) lantaran tempat tersebut adalah satu-satunya lokasi yang strategis untuk dibuat jalan umum. Di sisi lain, salah seorang tokoh agama di desa tersebut yang sekaligus sebagai pengelola (nadzir) tidak mengizinkan masyarakat untuk membongkarnya untuk dibuat jalan dengan alasan bahwa si wāqif sejak awal memang mewakafkan tanah tersebut untuk dibuat tempat penguburan umum.

Pertanyaan :

  1. Apakah dibenarkan pembongkaran TPU dalam rangka pembuatan jalan?

Jawaban:

Pada dasarnya dalam Mazhab Syafi’iyah  mengganti mauqūf dalam artian menyalahi syarat yang telah ditetapkan oleh wāqif hukum asalnya tidak boleh kerena syarat wāqif diposisikan hampir seperti na (na didahulukan daripada maslahat). Dengan demikian, peluang kebolehan hanya akan didapat dalam kondisi terdesak saja dengan tetap mempertimbangkan kemaslahatan untuk wāqif dan pihak –pihak lain yang bersangkutan.

Berdasarkan pertimbangan di atas maka pembongkarang TPU berupa tanah waqaf tidak diperbolehkan kecuali telah berada dalam kondisi terdesak dan pemerintah serta masyaratkat sekitar telah memberikan rekomendasi karena memandang maslahat lebih umum dengan syarat adanya kompensasi berupa lahan yang layak sebagai pengganti untuk TPU tersebut.

 

Refrensi:

(10/ 319) الفقه الإسلامي وأدلته

والخلاصة: اتفقت المذاهب على وجوب العمل بشرط الواقف كنص الشارع. وقال بعض الفقهاء: نصوص الواقف كنصوص الشارع يعني في الفهم والدلالة

سد الذرائع وتحريم الحيل لابن القيم (2/  105

 فَإِذَا تَحَيَّلْتُمْ عَلَى إبْطَالِ مَقْصُودِ الْوَاقِفِ حَيْثُ يَتَضَمَّنُ الْمَفَاسِدَ الْعَظِيمَةَ فَهَلَّا تَحَيَّلْتُمْ عَلَى مَقْصُودِهِ وَمَقْصُودِ الشَّارِعِ حَيْثُ يَتَضَمَّنُ الْمَصَالِحَ الرَّاجِحَةَ بِتَخْصِيصِ لَفْظِهِ أَوْ تَقْيِيدِهِ أَوْ تَقْدِيمِ شَرْطِ اللَّهِ عَلَيْهِ ؟ فَإِنَّ شَرْطَ اللَّهِ أَحَقُّ وَأَوْثَقُ , بَلْ يَقُولُونَ هَا هُنَا : نُصُوصُ الْوَاقِفِ كَنُصُوصِ الشَّارِعِ , وَهَذِهِ جُمْلَةٌ مِنْ أَبْطَلْ الْكَلَامِ , وَلَيْسَ لِنُصُوصِ الشَّارِعِ نَظِيرٌ مِنْ كَلَامِ غَيْرِهِ أَبَدًا , بَلْ نُصُوصُ الْوَاقِفِ يَتَطَرَّقُ إلَيْهَا التَّنَاقُضُ وَالِاخْتِلَافُ , وَيَجِبُ إبْطَالُهَا إذَا خَالَفَتْ نُصُوصَ الشَّارِعِ وَإِلْغَاؤُهَا , وَلَا حُرْمَةَ لَهَا حِينَئِذٍ أَلْبَتَّةَ , وَيَجُوزُ – بَلْ يَتَرَجَّحُ – مُخَالَفَتُهَا إلَى مَا هُوَ أَحَبُّ إلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ مِنْهَا وَأَنْفَعُ لِلْوَاقِفِ وَالْمَوْقُوفِ عَلَيْهِ , وَيَجُوزُ اعْتِبَارُهَا وَالْعُدُولُ عَنْهَا مَعَ تَسَاوِي الْأَمْرَيْنِ , وَلَا يَتَعَيَّنُ الْوُقُوفُ مَعَهَا , وَسَنَذْكُرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ فِيمَا بَعْدُ

نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج (5/ 376)

 (وَالْأَصَحُّ أَنَّهُ إذَا وَقَفَ بِشَرْطِ أَنْ لَا يُؤَجَّرَ) أَصْلًا أَوْ سَنَةً أَوْ لَا يُؤَجَّرَ مِنْ ذِي شَوْكَةٍ كَمَا قَالَهُ الْأَذْرَعِيُّ، أَوْ أَنَّ الْمَوْقُوفَ عَلَيْهِ يَسْكُنُ فِيهِ بِنَفْسِهِ (اُتُّبِعَ) فِي غَيْرِ حَالَةِ الضَّرُورَةِ (شَرْطُهُ) كَسَائِرِ شُرُوطِهِ الَّتِي لَا تُخَالِفُ الشَّرْعَ وَذَلِكَ لِمَا فِيهِ مِنْ وُجُودِ الْمَصْلَحَةِ.

قواعد الأحكام في مصالح الأنام (1/ 76)

وَالضَّابِطُ فِي الْوِلَايَاتِ كُلِّهَا أَنَّا لَا نُقَدِّمُ فِيهَا إلَّا أَقْوَمَ النَّاسِ بِجَلْبِ مَصَالِحِهَا وَدَرْءِ مَفَاسِدِهَا، فَيُقَدَّمُ فِي الْأَقْوَمِ بِأَرْكَانِهَا وَشَرَائِطِهَا، عَلَى الْأَقْوَمِ بِسُنَنِهَا وَآدَابِهَا

الأساس في السنة وفقهها – العبادات في الإسلام (5/ 2476)

جواز استبدال الوقف وبيعه حالة الخراب: أجاز الفقهاء استبداله وبيعه للضرورة بشروط وقيود وتفصيلات لديهم. شروط الاستبدال: 1 – أن يخرج الموقوف عن الانتفاع به بالكلية. 2 – أن لا يكون هناك ريع للوقف يعمر به. 3 – أن لا يكون البيع بغبن فاحش. 4 – أن يكون المستبدل قاضي الجماعة [وهو من لم تنصبه حكومة كافرة أو باغية وإنما نصبه المسلمون] وهو ذو العلم والعمل لئلا يؤدي الاستبدال إلى إبطال أوقاف المسلمين، كما هو الغالب في الزمن الأخير. 5 – أن يستبدل به عقاراً لا دراهم ودنانير لئلا يأكلها النظار، وأجاز بعضهم الاستبدال به نقوداً، ما دام المستبدل قاضي الجماعة. 6 – أن لا يبيعه القاضي لمن لا تقبل شهادته له، ولا لمن له عليه دين، خشية التهمة والمحاباة فإذا لم تتوافر هذه الشروط كان بيع الوقف باطلاً وإذا صح بيع الحاكم بطل وقفية ما ب

MUSHAHIH : 
Ustaz. Abdul Wahid, M.HI.

PERUMUS :
Ustaz. Ahsanul Arifin.
Ustaz. Muhammad Ahdanal Khalim.
Ustaz. Abdullah Faqih.

Facebook Comments

syarifuddin

Santri aktif Ma'had Aly Situbondo asal Pulau Raas. Saat ini, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengaji dan mengkaji kitab-kitab Fikih dan Ushul Fikih. Selain itu, ia juga aktif mengabdi sebagai Redaktur Kepenulisan di Majalah Tanwirul Afkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *