Ingin Jadi Orang ālim?? Maka Tingkat Penasaran Anda Harus Tinggi!.

Salah satu penyakit yang dialami santri atau pelajar secara umum adalah tingkat penasaran mereka terhadap suatu disiplin ilmu rendah (Low Curiosity), tak jarang kita jumpai mereka yang belajar kitab kuning ketika melihat kitab yg begitu tebal mentalnya langsung ambruk lalu dia bergumam “Aduh, saya gak bakalan bisa baca kitab itu”. Atau baca kitab tipis namun sulit dipahami, mereka langsung tutup kitab itu, mereka tinggalkan begitu saja, mental mereka lemah, mereka hanya mau menunggu orang lain menjelaskan, bahkan meskipun dibantu dengan penjelasan masih saja belum mengerti, nah disitulah mereka akan merasa putus asa. Mereka tak punya mental seperti Al-Ghozali:

قال الغزالي ” أتقحم لجة هذا البحر العميق، وأخوض غمرته خوض الجسور لا خوض الجبان الحذور”

Artinya :
Kata al Ghozali : “ Aku arungi gelombang lautan (ilmu) yang dalam ini, aku selami ke dalamnya dengan berani bukan seperti menyelamnya penakut (yang hanya menyelam dipinggir pantai saja)”
.

Mental seperti ini yang kita butuhkan! Jangan mudah terkapar dihadapan kitab-kitab besar. Jadikanlah mereka sebagai penyemangat. Masa iya ketemu hanya karena bertemu teks yang sedikit sulit saja langsung tutup kitab, sungguh bermental ringkih!.

Mari kita teladani imam besar kita, Imam Syāfi’i Ra:

واعلم بأن العلم ليس يناله # من همه في مطعم وملبس

فاجعل لنفسك حظا وافرا # واهجر له طيب الرقود وعبس

Artinya :
“Ketahuilah bahwa ilmu tak akan bisa diraih oleh orang yang kesenangannya hanya makanan dan pakaian”.
“Jadikanlah ilmu memiliki bagian dalam tubuhmu, tinggalkanlah kenikmatan tidur itu demi ilmu”.

Oleh :
Ustaz. Asror Baisuki.
(Alumni Ma’had Aly Situbondo Angkatan VIII)

Facebook Comments

syarifuddin

Santri aktif Ma'had Aly Situbondo asal Pulau Raas. Saat ini, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengaji dan mengkaji kitab-kitab Fikih dan Ushul Fikih. Selain itu, ia juga aktif mengabdi sebagai Redaktur Kepenulisan di Majalah Tanwirul Afkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *