KENAPA HARUS FIKIH PROGRESIF?

Semua orang bisa nulis buku, tapi buku yang berkualitas hanya akan lahir dari mereka yang benar_benar berkualitas 

Mahad Aly tertua dan terbaik di Indonesia adalah Mahad Aly Situbondo. Mahad Aly Situbondo menjadi rujukan Mahad Aly se-Indonesia. Hasil kajian fiqh dan usul fiqh  Mahad Aly Situbondo menjadi rujukan hukum Islam di Indonesia.

Salah satu karya kolektif santri Mahad Aly Situbondo adalah Fikih Progresif.

Fikih progresif adalah wajah baru dari buletin Tanwirul Afkar yang sudah bertransformasi dari shuhuf menjadi mushaf.

Buku Fikih Progresif ini ditulis oleh santri Mahad Aly mulai tahun 1997 s.d.2014. Setiap judul dibahas bersama oleh semua santri Mahad Aly disetiap angkatan (angkatan III-VIII). Mereka membahasnya dengan pendekatan empat mazhab ditambah dengan kajian usul fiqh.

Menariknya lagi, hampir semua persoalan-persoalan kontemporer sudah dibahas di buku tersebut. Bahkan banyak sekali persoalan kontemporer yang jawabannya tidak ditemukan secara tekstual dari kitab-kitab ulama terdahulu (naqlul qaul) sehingga jawabannya harus dengan pendekatan bermazhab secara manhaji (metodologi fiqh).

Yang tidak kalah menariknya lagi, buku tersebut tidak hanya bicara halal dan haram di atas kertas. Namun pembaca disuguhkan dengan pilihan-pilihan pendapat ulama yang benar-benar berpihak dengan kebutuhan masyarakat awam. Mereka disuguhkan fikih yang mudah dan lentur, namun tetap kuat secara argumentasi.

Fakta ini membuat Lkis Jogja menyebutnya sebagai Fikih Rakyat. Saking updatenya bahasan dalam buku tersebut, erlangga Jakarta menyebutnya Fiqh to Day.

Membaca Buku Fikih Proresif berarti anda sedang menikmati suguhan Islam yang moderat.

Kiai Afifuddin Muhajir menyebutkan bahwa moderasi di Mahad Aly Situbondo bisa dilihat dari proses penyelesaian hukum Islam yang memadukan antara teks syariat dengan tujuan syariat. Atau memadukan antara shahih al-manqul wa sharih al-ma’qul.

Buku ini menampilkan watak Islam yang sebenarnya, yaknk moderat dan mudah.

Spesifikasi Buku:
▪Banyak Buku  : 2 Jilid
▪Tebal buku      :  Jili I 1.198 halaman, Jilid II 1.239 halaman
▪Membahas 500 persoalan Fikih Kontemporer

Ingin tahun lebih dalam tentang buku ini, silahkan chat  di http://bit.ly/adminPENERBITTanwirulAfkar

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *