KH. Manshor Shalih ; Rais Syuriyah Yang Istiqamah

Innālillāhi wainnā ilaihi rāji’ūn, telah pulang ke Rahmatullah KH. Manshor Sholih , Rais Syuriyah PCNU Jember tahun 1999- 2004 (Katib KH. Rasyidi Baihaqi. Ketua, KH. Muhyiddin Abdus Shamad, dan Sekretaris HM. Misbahus Salam). dan Tahun 2004 – 2009 ,(Katib KH. Hasan Mudhar, Ketua KH. Muhyiddin Abdus Shamad, Sekretaris H. Alfan Djamil).

Kiai Manshor termasuk Rais Syuriyah yang istiqamah, terutama dalam perjuangan NU. Pengajian Malam Selasa Kliwon adalah rintisan beliau dengan membaca Kitab Risālah Ahlussunah Wal Jamā’ah, dan setelah itu Taujīhad dan diskusi bersama KH. Abdul Muchith Muzadi.

Di saat jadi Rais Syuriyah NU Jember pada periode 1999 – 2004 beliau memperoleh penghargaan administrasi terbaik se-Jawa Timur dengan jumlah kartanu terbanyak, dan bagi yang meninggal memperoleh santunan kematian. Kerja administrasi ini juga tidak lepas dari kinerja staf NU Ust. Abu Bakar yang kemaren putrinya diberi Beasiswa pembayaran UKT oleh BAZNAS Jember karena ingat perjuangan ayahnya dalam mengurus NU.

Kepemimpinan Rais Syuriyah KH. Manshor dan Ketua KH. Muhyiddin Abdus Shamad menjadikan PCNU Jember banyak membangun dan menambah aset. Kantor NU direnovasi, membangun ruang sidang, bisa punya mobil dan sepeda motor, bisa punya aset tanah Sampit dan bangunannya, ada tanah di Panti, ada wakaf tanah di Patrang , dan membeli tanah serta membangun Gedung Baladika, kantor kantor MWC juga banyak yang dibangun, karena berkat kinerja yang mementingkan kepentingan institusi NU.

Setelah dua periode jadi Rais Syuriyah KH. Manshor Shalih sudah tidak berkenan maju jadi Rais Syuriyah, beliau dawuh NU ini harus ada pengkaderan dan kepemimpinan yang masa periodenya ada batas waktu. Agar muncul Kiai-Kiai yang lain untuk ikut berkhidmat di NU.

Selamat jalan pulang ke Rahmatullah KH. Manshor Shalih, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt. , dan kekhilafannya diampuni Allah Swt.

Jember, 9 September 2020,

Oleh :
KH. Misbahus Salam.
(Pengasuh Yayasan Raudlah Darus Salam Sukorejo Bangsalsari jember)

Facebook Comments

syarifuddin

Santri aktif Ma'had Aly Situbondo asal Pulau Raas. Saat ini, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengaji dan mengkaji kitab-kitab Fikih dan Ushul Fikih. Selain itu, ia juga aktif mengabdi sebagai Redaktur Kepenulisan di Majalah Tanwirul Afkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *