Kiai Azaim Beri Cinderamata TGB Muhammad Zainudin Majdi, Dua cucu Pahlawan Nasional Situbondo dan NTB

Situbondo- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGB Muhammad Zainudin Majdi, menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, Sabtu kemarin. Gubernur yang akrab di panggil Tuan Guru Bajang itu mengaku datang ke Sukorejo karena ingin menyambung persahabatan leluhurnya.

TGB Muhammad Zainudin Majdi merupakan cucu Tuan Guru KH Zainudin Abdul Majid, ulama besar di Lombok pendiri Nahdlatul Wathon yang juga pahlawan nasional. Tuan Guru KH Zainudin Abdul Majid, merupakan sahabat KHR As’ad Syamsul Arifin, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Sukorejo yang juga pahlawan nasional.

Kiai As’ad dan Tuan Guru KH Zainudin Abdul Majid bersahabat saat sama-sama belajar di Makkah. Kedua ulama besar tersebut terus menjalin persahatan setelah pulang ke tanah air, meski keduanya tinggal bejauhan di Situbondo dan NTB.

Menurut TGB Muhammad Zainudin Majdi, persahabatan kakeknya dengan Kiai As’ad merupakan persahabatan sejati seorang ulama. Mereka berdua belajar di Madrasah yang sama dan guru yang sama pula di Makkah.

Menurut TGB, sebagai cucu dirinya ingin menyambung persahabatan dengan Kiai Aziam sebagai cucu Kiai As’ad. Mengutip sebuah hadist, TGB menjelaskan bahwa jika ingin berbakti kepada orang tua, maka harus menyambung hubungan baik dengan orang yang memiliki hubungan baik dengan leluhurnya.

Situbondo dan NTB bukan saja sama-sama memiliki simbol ulama besar dan menjadi pahlawan nasional. Saat ini, santri asal NTB di Ponpes Sukorejo jumlahnya cukup banyak, hampir mencapai 1000 orang.

Sementara itu, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy memberikan TGB Muhammad Zainudin Majdi sebuah cinderamata sebagai simbol persahabatan. Pertemua dua orang cucu ulama besar dan sekaligus pahlawan nasional itu, disambut tepuk tangan ribuan kaum muslimin di halaman pondok Pesantren Sukorejo. bhasafm.co.id

Sumber: bhasafm.co.id

Facebook Comments

Satu tanggapan untuk “Kiai Azaim Beri Cinderamata TGB Muhammad Zainudin Majdi, Dua cucu Pahlawan Nasional Situbondo dan NTB

  • November 11, 2019 pada 12:10 pm
    Permalink

    Koreksi
    Ada beberapa kekeliruan penulisan dalam berita
    Nama, bukan zainuddin majdi, tetapi Zainul Majdi
    Gubernur NTB dua periode, 2008-2018
    Skr sdh tdk lagi menjabat sbg gubernur

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *