Menengok Ujian Kelulusan Ma’had Aly Situbondo

Sebagai lembaga pendidikan tafaqquh fī al-dīn yang dipercaya untuk melahirkan generasi fakīh zamanih, Ma’had Aly Situbondo terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga kualitas para lulusannya.

Upaya-upaya tersebut antara lain adalah malakukan serangakaian uji kelayakan pada setiap Mahasantri Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah yang telah berada di penghujung semester.

Ujian tersebut antara lain terdiri dari tiga macam. Pertama, ujian risalah. dalam ujian risalah tersebut setiap Mahasantri diwajibkan untuk menulis satu karya ilmiah yang berkaitan dengan fikih dan ushul fikih.

Kedua, ujian akhir dirasah. Ujian akhir dirasah tersebut diadakan dengan tujuan untuk menguji penguasaan setiap mahasantri terhadap materi pokok yang telah dipelajari dan dikajinya selama tiga tahun di Ma’had Aly Situbondo, yaitu Kitab Jam’ul Jawāmi’ dalam bidang usul fikih dan Kitab Fathul Wahāb dalam bidang fikih.

Jika penguasaannya terhadap dua materi pokok tersebut berada di bawah standart yang telah ditentukan maka lembaga Ma’had Aly Situbondo tidak akan segan-segan untuk melakukan penundaan kelulusannya.

Ketiga, Ujian Komprehensif. Ujian komperehensif merupakan ujian paling seru dan paling membikin ketar-ketir dibandingkan dengan dua jenis ujian sebelumnya. Karena di ujian komprehensif tersebut nasib para Mahasantri ditentukan, lulus dan berhak untuk diwisuda atau tidak lulus dan harus sabar wisudanya ditunda.

Lembaga Ma’had Aly Situbondo mengadakan ujian komprehensif tiada lain adalah untuk mengetahui secara utuh penguasaan setiap Mahasantri tentang ushul fikih. Adapun kitab yang dijadikan standart adalah kitab Ushūl Fikih karangan Syekh Wahāb Khollāf.

Dalam ujian komprehensif tersebut selain dituntut untuk bisa memahami dan melakukan pengembangan terhadap materi yang ada di kitab tersebut, setiap mahasantri juga dituntut untuk menyetorkan hafalan isi kitab Ushūl Fiqh karangan Syekh Wahāb Khollāf tersebut secara utuh. Bertindak sebagai penguji ustad Khairuddin Habziz yang juga merupakan Katib Ma’had Aly Situbondo.

Dan ujian komprehensif untuk Mahasantri Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah angkatan X, tahun ajaran 2017-2020 telah dimulai sejak tanggal 20 Januari 2020 kemarin. Dan sampai saat berita ini ditulis ujian tersebut masih belum selesai dilaksanakan. Semoga lancar dan sukses untuk ujian komprehensif Mahasantri Ma’had Aly angkatan X. !

Kontributor: Syarifuddin

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *