Merokok Dapat Membatalkan Puasa

Pertanyaan:

Pada filternya rokok yang berasa manis kalau tertelan apakah membatalkan puasa, atau yang dianggap membatalkan dalam rokok itu bagaimana ?

Jawaban:

Pada akhirnya ulama sepakat merokok dapat membatalkan puasa. Pendapat ulama sebelumnya yang mengatakan bahwa merokok tidak membatalkan puasa tidak dapat dijadikan rujukan sebab mereka telah menarik kembali pendapatnya.

Referensi:

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين (2/ 260)

وفي البيجرمي: وأما الدخان الحادث الآن المسمى بالتتن – لعن الله من أحدثه – فإنه من البدع القبيحة – فقد أفتى شيخنا الزيادي أولا بأنه لا يفطر، لأنه إذ ذاك لم يكن يعرف حقيقته، فلما رأى أثره بالبوصة التي يشرب بها، رجع وأفتى بأنه يفطر.

Artinya: Dalam kitab al-bujairamy disebutkan, asap (rokok) yang ada pada masa sekarang ini disebut al-tutun (tembakau)- mudah-mudahan Allah melaknat pembuat tembakau-sesungguhnya termasuk bid’ah qabihah (buruk). Pada mulanya guru kita, ibnu az-Ziyadi berfatwa bahwa merokok tidak dapat membatalkan puasa karena wujudnya tidak diketahui secara konkret. Namun, ketika beliau melihat dalam rokok ada dampak bahaya ketika dihisap, maka beliau menganulir fatwanya dan menegaskan bahwa rokok dapat membatalkan puasa.

تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (3/ 400)

وَمِنْ الْعَيْنِ الدُّخَانُ الْمَشْهُورُ وَهُوَ الْمُسَمَّى بِالتُّتُن وَمِثْلُهُ التُّنْبَاكُ فَيُفْطِرُ بِهِ الصَّائِمُ؛ لِأَنَّ لَهُ أَثَرًا يُحَسُّ كَمَا يُشَاهَدُ فِي بَاطِنِ الْعُودِ

 Artinya:Dan termasuk dalam kategori benda, yaitu ad-dukhan (asap rokok). Ad-dukhan dikenal dengan istilah at-tutun (tembakau). At-tunbak, disamakan pula dengan at-tutun. At-tutun dan at-tunbak dapat membatalkan puasa karena dapat memberikan dampak yang dapat dirasakan, seperti yang kiata lihat di dalam kayu.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *