Modal Awal Berkarya di Dunia Video Grafis

Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah sebagai intitusi lembaga pendidikan tinggi pesantren memiliki cita-cita untuk menjadikan santri anak didiknya menjadi fāqih fī zamanihi (ahli fikih di zamannya, Ed). Untuk mencapai hal itu lembaga yang didirikan Kiai As’ad ini tidak hanya belajar ilmu fikih yang diperoleh dari teks-teks kitab kuning tapi juga diajari untuk melek terhadap perkembangan zaman.

Ditengah maraknya hoax dan konten-konten negatif di dunia maya yang mustahil bagi kita untuk membendungnya secara langsung, setidaknya santri juga berperan dengan cara membanjirinya dengan konten yang positif. Inilah yang melatar belakangi Tim Kreatif Ma’had Aly untuk menyelenggarakan pelatihan Video Editing.

Wahid Shofauzadi selaku desainer Majelis Dzikir Basmalah (youtube channel, Ed) hadir sebagai pemateri pada jumat (25/1) di LAB iSantri. Pelatihan yang diikuti oleh 6 santri delegasi khusus dari Tim Kreatif di awali dengan perkenalan dan berbagi cerita pengalaman pribadi pemateri. Selanjutnya, alumnus AMIK Ibrahimy ini langsung mengisi dengan praktik langsung dengan aplikasinya. Ada 3 aplikasi yang di ajarkan; Adobe Premier, Adobe After Effect dan Adobe Audition.

Dengan apik dan penuh semangat, pemateri yang sering menjuarai beberapa event membongkar salah satu karyanya yang baru saja release, Kopi Nikmat KHR. Achmad Azaim Ibrahimy. Wahid menjelaskan secara detail cara membuat videonya dari tahap awal hingga akhir sembari menerima pertanyaan langsung dari peserta.

“Target dari pelatihan ini adalah peserta harus bisa membuat 1 konten video siap upload, dari cara membuat openning hingga tahap akhir rendering video.” Begitu tutur Sobirin selaku panitia pelaksana. Meskipun target itu mustahil untuk pemula, setidaknya pelatihan ini menjadi modal awal bagi Tim Kreatif Ma’had Aly untuk berkarya dalam bidang video grafis.

“Mulai dari sekarang klau nonton film, jangan hanya nonton ceritanya tapi juga dilihat bagaimana cara membuatnya, kira-kira effect apa yang digunakan?”. Wahid menyampaikan pesan-pesan akhir sebelum acara ditutup.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *