Pelatihan Usul Fikih Sebagai Akselerasi Nalar Berfikir Ushuli

Pelatihan Usul Fikih merupakan salah satu kegiatan akademik yang bertujuan mengevalusi materi yang sudah dikaji saat perkuliahan, tak hanya itu pelatihan ini juga merpukan cita-cita penggemar usul fikih agar bisa lebih cepat memahaminya secara utuh mulai dari teori sampai kajian para tokoh.

Oleh karena itu, kemarin (25-28/1), mahasantri semester IV Ma’had Aly Marhalah Ula  menyelenggarakan Pelatihan Usul Fikih. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pemangku Asrama Ma’had Aly, KH. Abdurrahman Al-Kayyis. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, “seluruh ilmu mengantarkan kita kepada mahabbah (cinta, Ed) kepada Allah swt.,  sehingga ilmu pengetahuan  mesti seimbang dengan amal perbuatan, ilmu harus diamalkan dan amal harus berlandaskan dengan ilmu.”

“Pelatihan Usul Fikih adalah bentuk akselerasi pemahaman kita tentang usul fikihi”, begitulah komentar katib Ma’had Aly Ustaz Khairuddin Habziz, M.H.I. mengenai pelatihan ini. Beliau mengharapkan Pelatihan Usul Fikih ini dapat meningkatkan kualitas berfikir mahasantri Ma’had Aly dan dapat memberikan gambaran secara kompleks tentang usul fikih.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini berlangsung di perpustakaan Ma’had Aly. Mulai dari pagi hingga siang hari para peserta dibekali dengan materi yang dipaparkan oleh narasumber. Guna memperdalam materi yang telah disampaikan, para peserta kemudian melanjutkan dengan diskusi kelompok dan diskusi panel. Pada kesempatan pelatihan kali ini, hadir beberapa narasumber ternama yang merupakan dosen aktif Ma’had Aly.  Sebut saja Komisioner Komnas Perempuan  Ustaz Imam Nahei, M.H.I., katib Ma’had Aly Ustaz Khairuddin Habziz, M.H.I., dan Dewan Pengarah AMALI (Asosiasi Ma’had Aly Indonesia) KH. Muhyiddin Khatib, M.H.I.

Para peserta dalam pelatihan ini berjumlah 50 orang dan hanya diikuti oleh mahasantri semester IV Ma’had Aly Marhalah Ula. Bagi mereka, pelatihan ini sebagai tahap awal dari tiga rangkaian pelatihan yang telah dicanangkan untuk terlaksana, sehingga beberapa kendala sebelum dan saat pelatihan pun mereka jumpai. Tapi dengan semangat, pelatihan ini sukses terlaksana, meskipun terdapat kekurangan. Setelah beberapa hari terlaksana, kegiatan yang menguras tenaga maupun pikiran ini ditutup dan dimeriahkan dengan beberapa penampilan kreatifitas para peserta.

  • Reporter: Muzakkir

Facebook Comments

Satu tanggapan untuk “Pelatihan Usul Fikih Sebagai Akselerasi Nalar Berfikir Ushuli

  • Januari 30, 2019 pada 10:54 pm
    Permalink

    Bagus bagus bagus

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *