Penerimaan Beasiswa Santri Berprestasi Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah

Diantara kebijakan pembangunan pendidikan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, adalah perluasan akses pendidikan pesantren. Sebagai salah upaya untuk mewujudkan kebijakan tersebut, Kementerian Agama melalaui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren memberikan afirmasi kepada santri melalaui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Selain sebagai upaya mewujudkan kebijaksanaan Ditjen Pendidikan Islam tersebut, Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) ini juga diharapkan anggapan bahwa santri tidak bisa masuk dan kurang mampu bersaing di Perguruan Tinggi dalam negeri yang berkualitas serta ternama menjadi tidak ada lagi.

Beasiswa yang dimaksud diberikan kepada lembaga-lembaga mitra yang berada di bawah naungan PTKI dan Ma’had Aly se-Indonesia, yakni 14 perguaruan tinggi dan 4 Ma’had Aly, termasuk Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Dalam hal ini, pada tahun 2019 Ma’had Aly Situbondo akan mendapatkan kuota mahasantri lebih banyak daripada tahun sebelumnya.  Pendaftaran PBSB tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai 31 April melalui jalur online.

Dalam surat keputusan tentang petunjuk teknis pengelolaan program bantuan beasiswa santri berprestasi tahun 2019 yang disahkan pada tanggal 27 Desember 2018 kemarin, dijelaskan bahwa seleksi penerima beasiswa PBSB tahun ini akan dilaksanakan semenjak tanggal 18 hingga tanggal 19 Juni mendatang. Sedangkan materi seleksi meliputi kecakapan bahasa Arab dan bahasa Inggris, khazanah Islam Indonesia dan substansi ilmu kepesantrenan serta potensi akademik yang dimiliki setiap peserta. Materi-materi ini akan diujikan pada tanggal 18 Juni 2019. Dan khusus peserta PBSB yang berasal dari lembaga Ma’had Aly, materi seleksi ditambah tes baca kitab kuning yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada bulan Juli 2019.

 

Unduh Surat Keputusan dan Petunjuk Teknisnya di sini

Info Pendaftaran Online https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/

Panduan Pendaftaran Onilen https://youtu.be/NFGyWc2jUT8

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *