Protokol Arus Balik Santri Ma’had Aly Situbondo

Beberapa hari yang lalu pengurus pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo menerbitkan surat edaran yang berisi tentang arus balik santri ke pondok pesantren. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa arus balik santri ke pondok pesantren tidak dilakukan sekaligus sebagaiman dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Kebijakan tersebut diambil untuk memudahkan para pengurus medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan masing-masing santri.

Menanggapi surat edaran tersebut, lembaga Ma’had Aly Situbondo menyusun aturan terkait teknis penyambutan para Mahasantri yang dijadwalkan kembali pada tanggal 15-16 Juni 2020. Secara singkat aturan tersebut antara lain adalah.

1. Mahasantri yang hendak memasuki komplek pesantren harus menunjukkan bukti rekomendasi dari pihak kesehatan pondok pesantren.

2. Setiap mahasantri harus membawa bekal atau barang wajib yang meliputi.

a. Tiga buah masker.
b. Hand sanitazer.
c. Vitamain C secukupnya.

3. Selama berada di lingkungan Ma’had Aly, mahasantri harus menerapkan pola hidup “New Normal”

Langkah teknis tersebut disusun sebagai bentuk ikhtiar pencegahan terhadap penyebaran Covid 19 di lingkungan pondok pesantren. Dalam Ilmu Kaidah Fikih kebijakan semacam ini selaras dengan bunyi Kaidah:

المنع اسهل من الرفع

Artinya :

“Mencegah itu lebih baik daripada mengobati” [srf]

Link : Pengumuman Arus Balik Mahasantri

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *