Selamat Jalan, Kiai. Romzi. Keteladanan dan Bukti Kealimanmu Akan Tetap di Sini.

Belum lama ditinggal wafat Kiai. Abdul Djalal, kini Keluarga Besar Ma’had Aly harus berduka kembali dengan kepergian Kiai. Romzi al-Amiri Mannan, Mudir Ma’had Aly Nurul Jadid.

Dalam rilis yang diproleh dari mahadaly-nuruljadid.com disebutkan, Kiai. Romzi menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit daerah Dringu, Wonolangan, Kab. Probolinggo, tadi pagi sekitar pukul 09 : 27.

Atas kepergiannya tersebut, duka yang mendalam tidak hanya dirasakan oleh sanak keluarganya yang bermukim di wilayah al-Amiri, namun juga dirasakan oleh Keluarga Besar Ponpes. Nurul Jadid. Sebab, Kiai. Romzi merupakan salah satu putra terbaik yang saat ini dimiliki Ponpes. Nurul Jadid.

Kiai yang sehari-hari sibuk sebagai Mudir Ma’had Aly tersebut tergolong kiai muda yang produktif dalam menulis. Tidak kurang dari 40 judul telah beliau susun di dalam berbagai disiplin ilmu. Mulai dari Ilmu Fikih, Ushul Fikih, Faraid, Ilmu Arudh, Nahwu-Sharaf, Balaghah, Akidah, hingga Tawassuf.

Adalah al-Tsamrah al-Yāni’ah, kitab tersebut menjadi salah satu bukti betapa beliau benar-benar sosok yang alim. Dalam kitab tersebut Kiai. Romzi mengulas seputar Akidah Ahlussunnah Wal Jamaah.

Yang membuat luar biasa dan mengundang decak kagum adalah, Kiai. Romzi dalam dalam kitab tersebut mengambil peran sebagai Nādhim (penggubah bait-bait syair) sakaligus Syārih (Pemberi penjelasan). Ini bukti betapa beliau sangat matang dalam bidang gramatikal bahasa dan balaghah.

Kini, Kiai yang produktif itu sudah berpulang, menghadap Tuhannya dengan tenang. Selamat jalan, Kiai. Romzi. Keteladanan dan bukti kealimanmu akan tetap di sini.[srf]

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *