Sebuah Testimoni Atas Kitab Al-Amtsilah ‘Alā Syarhi Al-Ajrūmiyah, Buah Karya Dosen Ma’had Aly Situbondo.

Oleh :
Dr. Abdul Moqshit Ghazali, MA.
(Wakil Ketua LBM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama)

Baru saja saya menerima kiriman kitab al-Amtsilah ‘alā Syarhi al-Ajrūmiyah karya KH. Ach. Muhyiddin Khotib, M.Ag (Dosen Ma’had Aly Situbondo).

Ini kitab yang keren. Jika selama ini kitab syarah jurumiyah banyak diisi dengan kata zaid dan rajul, maka kitab karya sahabat saya ini coba memberikan pengayaan contoh gramatika bahasa Arab dari ayat-ayat alquran.

Misalnya sekiranya contoh البدل المطابق atau بدل الكل من الكل dalam syarah Jurumiyah adalah جاء زيد أخوك, maka contoh badal muthabiq dalam kitab al-Amtsilah ‘alā Syarhi al-Ajrūmiyah ini adalah;

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ [الفاتحة: 6، 7]

Jika contoh istitsna’ dalam kasus kalam tām manfi dalam Syarah Jurumiyah adalah ما قام القوم إلا زيد dan ما قام القوم إلا زيدا, maka contohnya dalan kitab al-Amtsilah ini adalah;

{ مَا فَعَلُوهُ إِلَّا قَلِيلٌ مِنْهُمْ}  [النساء: 66]

{وَالَّذِي خَبُثَ لَا يَخْرُجُ إِلَّا نَكِدًا}  [الأعراف: 58]

Sungguh, para pelajar Islam yang membaca kitab ini seperti menyelam sambil minum susu; menyelam ke dalam dasar gramatika bahasa Arab sambil meminum diksi-diksi alquran yang tak tepermanai (tak terhingga).

Selamat Kiai Muhyiddin Khatib  atas terbitnya karya ini. Semoga segera disusul dengan karya-karya lain, juga oleh teman-teman yang lain.

Selasa, 30 Juni 2020.

Salam,
Abdul Moqsith Ghazali

 

 

Facebook Comments

syarifuddin

Santri aktif Ma'had Aly Situbondo asal Pulau Raas. Saat ini, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengaji dan mengkaji kitab-kitab Fikih dan Ushul Fikih. Selain itu, ia juga aktif mengabdi sebagai Redaktur Kepenulisan di Majalah Tanwirul Afkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *