Webinar Kemarin Menegaskan Maslahat Sebagai Basis Substansi Ajaran Islam

Banyak gagasan, ide dan konstruk berpikir brilian yang saya temukan dalam bedah disertasi guru saya, Dr. KH. Abdul Jalal, dengan pembanding Prof. Gus. Nadirsyah Hosen dan Dr. Kiai Arwani Syaerozi, pagi hingga siang ini (Ahad, 26/07/20).

Kiai Jalal menyatakan, di samping teorinya yang sangat antropologis, Syekh ‘Izzuddīn Ibn ‘Abdussalām juga memperhatikan betul fakta-fakta empiris untuk mendukung legitimasinya seputar maslahat sebagai basis, ide sekaligus substansi ajaran Islam.

Kiai Afif mengamini nalar demikian, mengingat, menurut beliau, jika diamati secara lebih mendalam, memang semua pandangan ulama pasti bermuara pada nilai kemaslahatan -terlepas apakah klausul “maslahat” itu dibunyikan dalam konstruk epistemologi mazhab masing-masing atau tidak lantaran diksi tersebut masih dianggap problematik.

Yang cukup menggelitik ialah narasi yang disampaikan Gus Nadir kala menjawab pernyataan yang hamba ajukan, bahwa sepanjang paradigma bahthul masāil pesantren mengadopsi paradigma qauliy an sich, sepanjang itu pula sulit bagi pegiat uṣūly dan maqāṣidiy untuk mendapat legitimasi dari kalangan pesantren.

Beliau menjawab, “Sudah saatnya pesantren harus mulai bersikap inklusif dan terbuka untuk menerima kebenaran di luar dirinya, mengakui bahwa tidak setiap hal dapat diselesaikan oleh komunitasnya sendiri, serta harus mulai memperhatikan parameter maslahat di luar komunitasnya”.

Alā kulli hāl, saya mengucapkan selamat atas bedah disertasi hari ini. Kami tentu sangat menunggu kehadiran karya ilmiah yang luar biasa ini untuk kami simpan sebagai salah satu koleksi pribadi.[]

Oleh :
Muhammad Shofi Mubarok

Facebook Comments

syarifuddin

Santri aktif Ma'had Aly Situbondo asal Pulau Raas. Saat ini, ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengaji dan mengkaji kitab-kitab Fikih dan Ushul Fikih. Selain itu, ia juga aktif mengabdi sebagai Redaktur Kepenulisan di Majalah Tanwirul Afkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *