Ma’had Aly Situbondo Gelar Seminar Proposal Risalah

Sejak Senin (01/03) lalu, mahasantri tingkat akhir Ma’had Aly Situbondo Marhalah Ula (M. 1) tengah sibuk menghadapi Seminar Proposal Risalah. Setelah sebelumnya sibuk menyusun dan menuliskannya, kini saatnya masing-masing mereka harus mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka tulis di hadapan dewan penguji.

Risalah merupakan salah satu syarat kelulusan yang wajib dipenuhi oleh mahasantri sebagai bentuk pertanggungjawaban akademik setelah menempuh studi selama 3 tahun. Demikian penjelasan Muhammad Risqil Azizi selaku ketua panitia pelakasana.

Dosen Usul Fikih yang juga mengampu kuliah Metodologi Penelitian ini menuturkan bahwa risalah sebagai tugas akhir telah menjadi syarat kelulusan di Ma’had Aly Situbondo sejak angkatan awal.
“Saya pernah menemukan berkas risalah milik angkatan awal-awal. Tetapi bentuknya masih seperti penelitian di Timur Tengah.” tutur Ust. Risqil saat dijumpai di ruang sidang (02/03).

Seiring formalisasi Ma’had Aly, tugas akhir ini tidak semata menjadi pertanggung jawaban akademik, melainkan juga menjadi sarat administratif kelembagaan. Tetapi bentuknya, tetap diserahkan kepada kebijakan masing-masing Ma’had Aly.

Artinya, masing-masing Ma’had Aly yang ada di Indonesia bebas menentukan format tugas akhir bagi mahasantrinya, apakah berbentuk skripsi, buku, dan lain sebagainya. Inilah mengapa tugas akhir Ma’had Aly yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda-beda. Barangkali, ini pula yang menjadi kekhasan Ma’had Aly dibanding perguruan tinggi lain yang kebanyakan tugas akhirnya hanya berbentuk skripsi.

Di Ma’had Aly Situbondo sendiri, ada beberapa model risalah. Antara lain berbentuk penelitian hukum Islam normatif, sosiologi hukum Islam, ta’liq al-kitab wa syarhuhu (uraian atau penjelasan atas kitab matan syarah), dan tahqiq al-makhthuthat (kajian naskah kuno). Meski, mayoritas mahasantri cenderung memilih model pertama dengan aneka jenis pendekatan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *