Mahasantri Ma’had Aly Situbondo Raih Juara Pertama Lomba Menulis Esai

Alhamdulillah. Lagi-lagi Ma’had Aly Situbondo mendapat kabar gembira. Salah seorang mahasantri yang diutusnya untuk mengikuti lomba menulis yang diadakan Alif.Id bekerjasama dengan Kementrian Agama RI dengan tajuk “Mencari Esais Muda Pesantren ; Menulis Buku” dinobatkan sebagai juara pertama. Ia adalah Saifir Rohman.

Sebelumnya, ada tiga peserta yang dinyatakan lolos ke babak final.

Pertama, Alwi Jamalulel Ubab dengan judul karya ; Musik dan Sya’ir dalam Tradisi Islam

Wildan Fatoni Yusuf dengan judul karya ; Santri Salaf Membincang Lingkungan: Ikhtiar Merumuskan Fikih Lingkungan Secara Komprehensif.

Ketiga, Saifir Rohman dengan judul karya ; Jika Kematian Sudah Digariskan, Untuk Apa Protokol Kesehatan?

Kemudian, dari tiga peserta tersebut dewan juri menentukan siapa yang akan dinobatkan sebagai juara pertama, kedua, dan ketiga, tentu dengan serangkaian pertimbangan. Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Alif.Id, setidaknya ada empat aspek yang dijadikan sebagai pertimbangan.

  1. Pemilihan tema dan aktualitas atau keterkaitannya dengan kondisi kekinian.
  2. Penulisan, yang meliputi gaya, pemilihan diksi, logika kalimat, ejaan, serta kelenturan bahasa.
  3. Kekayaan data/referensi.
  4. Sikap/pernyataan/gugatan penulis terhadap tema yang disajikan.

Setelah membaca tulisan tiga finalis dan menilainya berdasarkan parameter di atas, kemudia dewan juri memutuskan Saifir Rohman sebagai peserta dengan akumulasi nilai tertinggi, 910. Sementara Alwi Jamalulel Ubab mendapatkan nilai 895. Wildan Fatoni Yusuf mendapatkan nilai 890.

Dengan demikian, Saifir Rohman berhak mendapatkan hadiah berupa uang 10 juta rupiah, Alwi Jamalulel Ubab 7 juta rupiah, dan Wildan Fatoni Yusuf 5 juta rupiah.

Selamat, Mas Saifir Rohman!

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *